Investasi Apartemen vs Investasi Deposito

Mau tinggal di apartemen? bingung cara beli/jualnya gimana? tanya aja ke Om Moderator :D mau beriklan? BOLEH JUGA
Estaters
Post: 46
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Investasi Apartemen vs Investasi Deposito

Postoleh olympicresidence » Sen Jan 08, 2018 7:38 am

Investasi-Apartemen-Atau-Deposito-2.jpg
Investasi-Apartemen-Atau-Deposito-2.jpg (59.42 KiB) Dilihat 50 kali

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula orang yang melakukan investasi. Ya, kegiatan penanaman modal ini dilakukan dengan tujuan mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Selain itu, investasi juga dipilih karena memberikan keuntungan yang cukup besar.

Ada banyak jenis investasi yang tersedia di Indonesia seperti investasi emas, obligasi, saham dan reksadana. Namun tak semua jenis investasi ini diminati oleh masyarakat. Dua sektor yang sering menjadi sasaran masyarakat untuk berinvestasi adalah apartemen dan deposito. Kedua bentuk investasi ini banyak diminati karena dianggap memiliki risiko yang kecil dibanding dengan jenis investasi lain.

Kedua sektor investasi tersebut sama-sama memberi keuntungan. Namun, karena investasi bertujuan untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya, kamu pun harus teliti dalam memilih bentuk investasi. Kamu harus mencari tau terlebih dulu mana yang lebih menguntungkan antara investasi apartemen atau deposito.

Nah, untuk mengetahuinya, yuk kita cermati kedua aspek ini dari beberapa kriteria. Check this out!

Keamanan

Pertama, lihat dari sisi keamanannya. Dalam berinvestasi apartemen, kamu akan memiliki sebuah hunian vertikal yang berwujud dan dapat terlihat secara nyata. Dengan begini, kamu bisa mengetahui secara langsung kondisi dari aset yang diinvestasikan.

Sementara jika kamu memilih investasi deposito, maka hal itu akan rawan tergerus oleh pajak. Ini disebabkan karena produk perbankan seperti deposito dan tabungan bukanlah produk yang dirancang sebagai investasi jangka panjang sehingga akan rawan terhadap peraturan perpajakan.

Kepemilikan Aset

Jika kamu berinvestasi apartemen, kepemilikan terhadap properti tersebut sudah jelas karena benda yang diinvestasikan terlihat dan dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya. Kamu pun akan memiliki sertifikat kepemilikan berupa SHM sebagai bukti bahwa kamu adalah pemilik apartemen tersebut.

Sebagai bukti kepemilikan dari deposito, bank akan memberikan bilyet deposito atas nama nasabah terkait sehingga deposito tidak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan. Dengan bernvesatsi di sektor ini, kamu hanya akan mendapatkan uang tambahan yang bersumber dari bunga yang diberikan oleh bank.

Pertambahan Nilai Uang

Bayangkan jika kamu akan berinvestasi dengan modal Rp 400 juta untuk jangka waktu 15 tahun, baik investasi apartemen maupun investasi deposito. Kemudian hitung dan bandingkan bagaimana pertambahan nilai uang dari kedua investasi tersebut.

Umumnya nilai sewa apartemen adalah 40% dari harga asli apartemen tersebut. Sedangkan menurut perhitungan harga tanah dan bahan bangunan akan naik sekitar 20% setiap tahunnya. Harga sewa pun akan mengalami kenaikan sekitar 5 juta/tahun.

Selanjutnya mari kita hitung keuntungan yang akan didapat jika kamu menginvestasikan apartemen tersebut untuk jangka waktu 15 tahun. Jika dihitung-hitung, nilai investasimu akan meningkat dari Rp 400 juta menjadi Rp 1,125 miliar. Wow!

Sekarang, mari hitung keuntungan dari investasi deposito. Rata-rata perbankan akan memberikan suku bunga deposito sebesar 8% dalam setahun atau Rp 32 juta. Sehingga besaran bunga yang akan diterima selama 15 tahun adalah Rp 32 juta x 15 = Rp 384 juta. Dan jika ditambah dengan dana awal yang digunakan adalah Rp 400 juta + Rp 384 juta = Rp 784 juta. Selain itu, pada umumnya suku bunga deposito akan menurun setiap tahunnya.

Jika bandingkan, keutungan dari kedua aspek investasi di atas memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu sekitar 300 jutaan dengan investasi apartemen yang memegang keuntungan lebih besar.

So, kini sudah jelas bukan investasi mana yang lebih baik untuk diambil? Invest now or regret tomorrow!


sumber: Olympic Residence Sentul

Kembali ke APARTEMEN



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu