Mau Invest Properti? Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

Mau tinggal di apartemen? bingung cara beli/jualnya gimana? tanya aja ke Om Moderator :D mau beriklan? BOLEH JUGA
Estaters
Post: 41
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Mau Invest Properti? Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

Postoleh olympicresidence » Jum Nov 10, 2017 8:47 pm

Gambar


Apakah kamu sedang berpikir untuk mulai menjalankan investasi properti? Eits, sabar dulu. Kamu sudah tau belum apa yang dimaksud dengan investasi dan apa saja yang harus diperhatikan sebelum menjalankannya?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi diartikan sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk memperoleh keuntungan. Nah, di Indonesia sendiri, investasi properti, apalagi apartemen, menjadi salah satu sektor bisnis yang paling diminati para investor karena sangat aman untuk menjaga kestabilan keuangan dari gerusan inflasi.

Yap, pembangunan apartemen memang terlihat semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat akan hunian yang semakin tinggi tidak sebanding dengan lahan yang tersedia. Makanya, gak heran jika apartemen kini menjelma menjadi primadona bagi banyak orang, baik sebagai hunian maupun sebagai lapak investasi properti.

Nah, setelah mengenal investasi secara umum, kini saatnya kamu mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mulai berinvestasi properti. Check this out!

Lokasi

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi properti adalah lokasi. ‘Rumus’-nya adalah semakin strategis lokasi dari sebuah properti maka akan semakin baik untuk diinvestasikan. Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat akan memilih apartemen yang akan diinvestasikan lho.
Hal ini karena banyak developer apartemen yang mengatakan bahwa properti mereka berlokasi strategis. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, dipandang dari sudut manakah apartemen tersebut sehingga disebut strategis?

Jawaban umum dari pertanyaan tersebut ialah lokasi dilalui oleh banyak orang dan didukung dengan berbagai fasilitas pendukung seperti rumah sakit, sekolah, pusat perkantoran dan lain-lain. Namun, yang seharusnya lebih kamu perhatikan adalah lokasi apartemen dekat dengan target pasar. Sebagai contoh, kamu menargetkan para pekerja atau karyawan. Maka apartemen yang kamu investasikan harus berada di tengah kota yang dekat dengan pusat perkantoran.

Fasilitas

Hal selanjutnya adalah fasilitas apartemen. Fasilitas menjadi penting karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan target pasarmu nantinya. Sama halnya dengan lokasi, semakin lengkap fasilitas yang tersedia maka akan semakin baik sebuah apartemen untuk diinvestasikan.

Misalnya, jika kamu menargetkan pelajar, maka fasilitas yang harus ada minimal tempat makan serta pusat perbelanjaan. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan fasilitas yang ada dengan habbit atau kebiasaan pelajar masa kini sehingga mereka tertarik untuk tinggal di apartemen yang kamu investasikan.

Rekam Jejak Developer

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah kualitas developer. Sebelum memilih apartemen yang akan dijadikan asset investasi, ada baiknya jika kamu mengecek atau melihat terlebih dahulu rekam jejak sang pengembang atau developer. Sudah berapa banyak pembangunan properti yang dilakukan, bagaimana kelengkapan izin atas properti yang dibangun serta informasi lain mengenai pengembang yang bisa kamu selidiki di internet.

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu soal perencanaan pembangunan properti yang dirancang oleh pengembang. Jika tidak ada kejelasan mengenai waktu penyelesaian proyek, pertimbangkanlah kembali untuk menginvestasikan properti tersebut karena kemungkinan resiko yang akan ditanggung cukup besar.

Biasanya, para pengembang properti sudah membuka penjualan sebelum pembangunan selesai atau bahkan ketika lahan masih rata dengan tanah. Nah, properti yang di jual pada momen ini biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan properti siap huni. Inilah waktu yang cocok untuk menanamkan modal di sektor properti.

Sebenarnya, masih ada hal lain yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi properti. Tapi setidaknya informasi di atas dapat membantumu agar tidak salah memilih properti yang akan diinvestasikan. So, selamat berbisnis!


source: https://propertycornersite.wordpress.com/2017/11/09/yuk-jadi-investor-cerdas-cermati-beberapa-faktor-ini-sebelum-berinvestasi/

Kembali ke APARTEMEN



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 4 tamu