Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Estaters
Post: 22
Bergabung: Kam Nov 30, 2017 9:46 am

Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Postoleh gitaanindya » Rab Mar 14, 2018 10:04 am

Gambar

Membeli rumah kedua baik itu untuk investasi ataupun untuk ditempati, tidak sesederhana membeli rumah pertama. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari pertimbangan finansial hingga aturan kebijakan KPR.

1. Cek Kondisi Keuangan
Jangan karena tergiur keuntungan yang digembar-gemborkan marketing perumahan, Anda memaksakan diri untuk membeli rumah kedua. Padahal, keuangan Anda tidak terlalu longgar untuk saat ini. Ingat, membeli rumah untuk dijual kembali tidak semudah seperti yang orang kira.

Butuh waktu lama untuk mencapai harga yang baik, itu pun harus ditunjang oleh kondisi perekonomian yang baik.
Jika tidak, daya beli akan tak seimbang dengan harga rumah yang ditawarkan. Akibatnya, rumah belum laku tapi tagihan cicilan bank wajib dilunasi. Pastikan jika pembelian rumah kedua ini tidak bersifat spekulatif serta tidak membebani keuangan Anda.

2. DP lebih tinggi
Berniat beli rumah kedua secara Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Pastikan menyiapkan DP alias uang muka lebih besar daripada DP pembelian rumah pertama.

Sekadar informasi, Peraturan Bank Indonesia No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio LTV (Loan to Value) untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor menetapkan DP untuk rumah tapak kedua sebesar 20 persen dari harga rumah.

3. Pertimbangkan Lokasi
Jika rumah pertama Anda berjarak cukup jauh dari pusat kota, sebaiknya rumah kedua lebih dekat ke pusat kota. Pastikan juga rumah kedua berada di lokasi yang harga jualnya kembali cukup tinggi atau menjanjikan sebagai investasi.

Gambar
Tapi jika niatnya membeli rumah kedua di pinggiran kota dan memiliki lingkungan yang asri, pastikan lingkungan tersebut menjadi incaran konsumen, mudah di akses dan akan menjadi tempat yang prospektif. Salah satu contohnya seperti perumahan di Sawangan H City Sawangan. Perumahan ini memiliki ruang terbuka hijau seluas 2,4 hektar, serta memiliki akses mudah yaitu dari tol Depok - Antasari dan JORR 2 exit tol Pengasinan.

4. Hitung Biaya Tambahan
Ketika membeli rumah kedua, pertimbangkan juga biaya-biaya tambahan seperti biaya notaris, biaya Pengecekan Sertifikat, biaya asuransi, dan biaya BPHTB. Bagaimana sudah siap dengan biaya-biaya ini?

Newbie
Post: 3
Bergabung: Jum Mar 23, 2018 1:27 pm

Re: Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Postoleh pencariilmu000 » Jum Mar 23, 2018 1:32 pm

setuju gan, tapi lebih baik juga jika kita perhatikan fasilitas rumah yang akan kita beli, seperti kamar mandi nya, teliti mulai dari pintu kamar mandi hingga bgian dalamnya.

Newbie
Post: 10
Bergabung: Rab Apr 18, 2018 10:12 am
Lokasi: Jakarta Barat

Re: Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Postoleh ofgo123 » Kam Apr 26, 2018 2:49 pm

Kalau saya lebih suka mempertimbangkan lokas karena percuma jika rumah dan isi furniturenya sudah lengkap namun lokasi rumahnya jauh dari tempat strategis seperti sekolah dll

Newbie
Post: 16
Bergabung: Sel Apr 26, 2016 10:44 am
Lokasi: Indonesia

Re: Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Postoleh Palu1000 » Kam Mei 03, 2018 4:24 pm

pertimbangkan juga developer sama struktur bangunan nya juga, jangan sampe dapat developer yang asal-asalan yang ternyata bangunannya belum punya izin. untuk konstruksi bangunannya kalau dirasa masih kurang sewa saja jasa konstraktor bangunan untuk memperbaikinya
Palusewu - Jasa pancang & kontraktor bangunan serta pabrik, kantor, atau rumah di Indonesia.

Newbie
Avatar pengguna
Post: 12
Bergabung: Sel Okt 31, 2017 4:39 am
Lokasi: Jakarta Barat

Re: Sebelum Beli Rumah Kedua Pertimbangkan Dulu 4 Hal ini!

Postoleh alatperkakas » Sel Mei 08, 2018 4:06 pm

Beli rumah kedua memang perlu lebih jeli lagi bahkan harus lebih teliti ketimbang beli rumah pertama, soalnya rumah itu kan aset yang nilainya terus naik. Sekedar saran, perlu juga beli perlengkapan alat bangunan untuk jaga-jaga kalau ada yang perlu diperbaiki.
Gunakan Perkakas Alat Bangunan yang Tepat, Seperti Bor Tangan, Bor Listrik, Gergaji, Hand Tool, Dan Safety Equipment Untuk Menghindari Cedera.

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu