KPA Ditolak Bank? Tenang! Coba Meode Pembayaran Ini

Estaters
Post: 29
Bergabung: Kam Nov 30, 2017 4:39 pm

KPA Ditolak Bank? Tenang! Coba Meode Pembayaran Ini

Postoleh ayanafara » Jum Mar 02, 2018 3:02 pm

Gambar

Ketika akan membeli hunian baik itu rumah tapak (landed) maupun apartemen, tentunya kita harus memiliki dana yang cukup. Terkadang, banyak masyarakat yang mengurungkan niat untuk membeli hunian karena harganya yang selangit dan tidak sebanding dengan pendapatan mereka.

Sebenarnya Anda tak perlu putus asa! Bank sudah mempermudah masyarakat untuk memiliki hunian melalui fasilitas KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Tapi, bagaimana jika permohonan kredit ditolak oleh pihak bank? Jangan khawatir! Masih ada cara lain yang bisa ditempuh selain mengajukan KPA ke bank. Beberapa cara berikut bisa Anda coba untuk segera memiliki hunian idaman.

#1 Bayar Secara Tunai

Pilihan pertama adalah membeli hunian secara hard cash atau tunai. Metode ini dianggap pilihan yang tepat. Pasalnya, membayar secara tunai memiliki keuntungan tersendiri seperti terhindar dari hutang piutang, harga lebih murah, dan tidak perlu pusing dengan naik-turun suku bunga.

Meskipun begitu, cara ini memang sangat “berat” dan tidak banyak dilakukan masyarakat. Tapi jika Anda sudah memiliki dana yang cukup, kenapa tidak?

#2 Gunakan Installment atau Tunai Bertahap

Selain bank, beberapa developer juga menyediakan fasilitas kredit yang biasa disebut Installment atau tunai bertahap. Fasilitas kredit ini sedikit berbeda dengan KPA atau KPR. Installment hanya berlangsung beberapa tahun saja (umumnya 3 sampai 5 tahun) dan Anda langsung membayarnya ke developer (bukan ke bank).

Tapi perlu diketahui, metode ini juga memerlukan uang muka atau DP dan cicilannya bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan (fleksibel).

Contohnya Anda akan membeli rumah seharga 400 juta dengan cara installment. Begini ilustrasinya.

1. Pada hari pertama closing deal Anda membayar tanda jadi Rp 5 juta (tergantung pengembang/ kesepakatan).

2. Selanjutnya Anda membayar uang muka atau DP sebesar 30% (Rp 120 juta) dari harga apartemen.

3. Sisa pembayaran Rp 275 juta akan dicicil selama 36 bulan dengan bunga 0% sebesar Rp 7.638.000 setiap bulannya.

Jadi, jika pengajuan kredit Anda ditolak, metode mana yang akan Anda tempuh? Tunai atau Installment, semuanya kembali pada Anda. Sebelum menentukan pilihan, jangan lupa untuk memperhitungkan semuanya dan sesuaikan dengan kemampuan.

Sumber

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu