Do’s & Don’ts Untuk Wujukan Suksesnya Investasi Propertimu

Estaters
Post: 48
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Do’s & Don’ts Untuk Wujukan Suksesnya Investasi Propertimu

Postoleh olympicresidence » Jum Feb 02, 2018 6:32 pm

investasi-properti-11.jpg
investasi-properti-11.jpg (36.56 KiB) Dilihat 742 kali
Investasi properti dapat dilakukan oleh siapa saja. Anak muda maupun orang yang sudah berumur memiliki hak yang sama untuk berinvestasi. Selain dapat menjangkau berbagai kalangan, investasi properti juga memberikan banyak keuntungan lho. Harganya yang selalu mengalami kenaikan serta nilainya yang tak terkikis inflasi menjadi alasan banyaknya orang yang menggeluti bisnis ini.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal tersebut tidaklah mudah lho. Kamu harus menyiapkan strategi agar investasi properti yang dilakukan bisa berjalan lancar dan sukses.

Lalu, apa saja yang harus kamu lakukan dan apa saja yang mesti dihindari agar investasi properti mendatangkan keuntungan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Do's

Analisa Keuangan Menyeluruh

Lakukanlah analisa terhadap properti yang akan diinvestasikan, mulai dari analisa keuangan hingga analisa proforma (perkiraan).

Berikut beberapa hal penting yang wajib diketahui saat memulai investasi properti:
- Laba bersih (pendapatan / beban)
- Return on investment (arus kas / investasi)
- Cap rate (pendapatan bersih / harga properti)
- Total ROI (total return / investment)

Dalam setiap kasus, "investasi" mengacu pada berapa banyak jumlah investasi pada properti tersebut. "Pembiayaan hutang" mengacu pada pinjaman yang mungkin harus dikeluarkan untuk membeli properti. Dan "total return" mengacu pada arus kas, ekuitas (misalnya, ekuitas diperoleh dari penyewa yang membayar uang sewa) dan pajak.

Lihat Banyak Properti

Sebelum memilih properti yang akan diinvestasikan, carailah terlebih dahulu informasi sebanyak-banyaknya mengenai properti tersebut. Jangan sampai kamu memilih hanya karena properti tersebut terlihat bagus tanpa melihat apa yang sebenarnya ada di luar. Yang harus diingat adalah jangan membuat keputusan berdasarkan referensi pribadi dan selalu teliti dalam memilih properti.

Rencanakan Tujuan Investasi

Sebelum memulai investasi properti, sebaiknya tentukan dulu apa yang diharapkan dari Investasi tersebut. Luangkan waktu untuk memahami tujuan dan pastikan investasi properti ini adalah langkah tepat untuk mencapainya. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara membuat tujuan keuangan, kamu bisa bertemu dengan penasihat keuangan untuk berkonsultasi mengenai hal terbaik yang harus kamu pilih.

Don’t

Belanjakan Uang Untuk Buku dan Seminar dan Tidak Mengetahuinya Lebih Lanjut.

Pastikan kamu mempelajari banyak hal mendasar sebelum terjun ke dunia investasi properti. Minimal, kamu harus memahami istilah dalam dunia properti. Jangan sampai kamu "membeli dan mengumpulkan" informasi tanpa mempelajari dan memahaminya. Sekali lagi, memiliki tujuan investasi akan membuat prosesnya jauh lebih mudah.

Menunda Program Investasi

Banyak orang yang menunda investasi dengan alasan menunggu saat yang sempurna dan waktu yang tepat. Padahal, hal ini bisa menjadi boomerang lho! Karena selalu mengulur waktu untuk berinvestasi, kamu justru jadi banyak tergelincir hanya karena bertahan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Membeli Properti Dari Pemilik yang Tidak Ingin Menjual

Tahukah kamu bahwa ternyata ada lho orang yang menjual propertinya namun tidak dengan niat yang penuh. Hal ini bisa diketahui dengan melihat harga yang diminta oleh si pemilik.
Jika properti tersebut telah dipasarkan setahun namun hanya sedikit pengurangan harga yang diberikan, ini menunjukkan bahwa pemilik tak terlalu termotivasi untuk menjual properti. Namun, jika properti yang sama telah dipasarkan selama setahun dan harganya turun, pemilik kemungkinan besar akan melakukan apa pun untuk menjual properti tersebut.

Nah, itulah do’s and don’ts dalam berinvestasi properti. Semoga informasi di atas bisa membantumu agar berada pada jalur yang tepat saat berinvestasi ya. Salam investasi!


Sumber

Newbie
Post: 2
Bergabung: Rab Feb 21, 2018 2:54 pm

Re: Do’s & Don’ts Untuk Wujukan Suksesnya Investasi Properti

Postoleh Kezia09 » Rab Feb 21, 2018 3:51 pm

analisa keuangan secara menyeluruh memang harus dilakukan sih kalo mau investasi properti, tapi kalo gabegitu ngerti cara menganalisis nya / hitung pajaknya mendingan konsultasi sih ke pakarnya misalnya ke konsultan pajak indonesia

Newbie
Avatar pengguna
Post: 17
Bergabung: Sel Okt 31, 2017 4:39 am
Lokasi: Jakarta Barat

Re: Do’s & Don’ts Untuk Wujukan Suksesnya Investasi Properti

Postoleh alatperkakas » Sel Mei 22, 2018 2:26 pm

Sebetulnya memang agak beresiko jika kita berinvestasi di properti tapi tidak melihat jenis properti lain, tapi sepertinya pemeliharaan properti termasuk yang penting sekali, salah satu caranya dengan senantiasa menyiapkan alat bangunan untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang harus diperbaiki, jadi bisa lebih hemat dan tidak keluar banyak uang.
Gunakan Perkakas Alat Bangunan yang Tepat, Seperti Bor Tangan, Bor Listrik, Gergaji, Hand Tool, Dan Safety Equipment Untuk Menghindari Cedera.

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu