Kebiasaan Sepele Bisa Jadi Penyebab Kebakaran di Apartemen

Newbie
Post: 16
Bergabung: Jum Jan 27, 2017 8:18 am

Kebiasaan Sepele Bisa Jadi Penyebab Kebakaran di Apartemen

Postoleh kristini » Jum Jan 27, 2017 8:22 am

Kebakaran adalah salah satu bencana yang dapat merugikan karena api mampu melahap seluruh harta benda Anda tak bersisa. Anda tentu tidak ingin hal buruk ini menimpa Anda. Beberapa kebiasaan sepele dapat menjadi pemicu kebakaran, terutama di apartemen. Apa saja kebiasaan itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Meninggalkan Kompor Yang Menyala

Tidak jarang saat memasak sesuatu yang lama, Anda tentu tergoda untuk meninggalkan kompor yang masih menyala sembari menunggunya hingga matang. Namun saat kompor tersebut sudah ditinggalkan, tidak jarang Anda bisa lupa bahwa kompor tersebut masih menyala sehingga masakan menjadi hangus dan yang terburuk bisa memicu kebakaran.

Merokok Di Dalam Unit

Bagi para perokok tentu menjadi hal yang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini. Oleh karena itu tidak jarang mereka akhirnya merokok di dalam unit atau di teras apartemen. Merokok di dalam apartemen bisa jadi pemicu kebakaran jika putung rokok yang belum padam menyambar benda-benda yang mudah terbakar, seperti tirai, karpet, sofa, atau pakaian.

Menyalakan Lilin

Lilin dipilih sebagai salah satu alternatif pengganti lampu saat pemadaman listrik dilakukan. Selain itu, menyalakan lilin aromaterapi juga menjadi salah satu kebiasaan untuk memperoleh ketenangan. Namun jangan meninggalkan lilin yang masih menyala tanpa pengawasan. Saat akan pergi tidur, matikan lilin tersebut agar tidak menjadi penyebab kebakaran.

Kesalahan Instalasi Listrik

Sangat penting untuk memeriksa instalasi listrik secara berkala di unit apartemen Anda. Tidak jarang kabel bisa terkelupas atau putus akibat digigit oleh tikus. Jika dibiarkan rusak, kabel tersebut bisa memicu kosleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran. Di samping itu Anda juga harus bijak dalam menggunakan stok kontak agar tidak memicu resiko kebakaran.

Penggunaan Perabot Sumber Panas

Beberapa alat elektronik penghasil panas pun harus diawasi penggunaannya. Jangan meninggalkan setrika, pemanggang roti atau microwave dalam keadaan menyala tanpa pengawasan. Jika Anda harus pergi untuk beberapa waktu, sebaiknya matikan terlebih dahulu alat-alat elektronik tersebut.

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu