5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Kontributor
Avatar pengguna
Post: 27
Bergabung: Rab Feb 19, 2014 9:02 pm
Lokasi: DKI Jakarta

5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh puthud » Sel Des 06, 2016 1:32 pm

Gambar


5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang


Ruangan yang selalu mendapatkan cahaya matahari tentunya sehat, karena sinar itu akan membunuh bakteri yang tersebar di dalam ruangan dan mencegah jamur. Namun, sinar matahari justru mengganggu jika intensitasnya terlalu besar.

Anda memang sengaja menggunakan jendela berkaca besar, tapi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan ternyata sangat menyilaukan—terutama jika sinar matahari yang masuk ke rumah adalah sinar di sore hari.

Akibatnya tak hanya menyilaukan, kondisi di dalam rumah pun menjadi terlalu hangat bahkan gerah. Jika kamar Anda seperti itu, lakukan trik seperti dirangkum dari Rumah.com untuk menghindari sinar terlalu terik.

1. Pasang kerai—boleh kerai bambu atau kayu—untuk jendela Anda. Saat sinar matahari sangat terik, Anda bisa menutup kerai tersebut, namun sinar matahari tetap dapat masuk melalui celah pada kerai.

Sebagai catatan, pilihlah kerai yang stylish, misalnya kerai kayu yang tersusun rapi dan menggunakan warna cerah.

2. Cat dinding dengan warna selain putih. Jangan mewarnai semua dinding dengan warna putih karena sifatnya merefleksikan cahaya. Pilih warna yang berbeda untuk beberapa dinding, contoh di satu sisi dinding warnanya biru laut, di sisi yang lain Anda menggunakan wallpaper.

Jangan memilih warna yang terlalu gelap, seperti hitam atau ungu sangat tua. Kedua warna ini menyerap panas, sehingga walaupun di mata Anda akan terasa lebih sejuk, tapi warna ini akan membuat ruangan menjadi semakin gerah.

3. Tambahkan tanaman rambat di dinding luar tepat kamar itu berada. Tanaman rambat akan melapisi dinding sehingga mencegah sinar matahari menerpa kamar Anda secara langsung. Cek kondisi tanaman setiap dua minggu untuk mencegah akarnya merusak dinding rumah Anda.

4. Saat siang hari jangan menyalakan AC, tapi nyalakan kipas angin. AC yang terpapar panas akan membuat kompresornya bekerja lebih keras sehingga listrik menjadi boros dan AC tak awet. Buka jendela sedikit saja lalu nyalakan kipas angin untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam kamar.

5. Pilih hanya satu kaca jendela yang tirainya terbuka. Ini memudahkan cahaya matahari menyinari ruangan Anda, sementara jendela yang lain bisa Anda tutup dengan tirai yang tipis.

Jika cahaya yang ada di dalam rumah terlalu menyilaukan, mata Anda akan cepat lelah dan Anda pun susah berkonsentrasi.

Newbie
Post: 12
Bergabung: Jum Sep 18, 2015 10:52 am
Lokasi: jakarta barat

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh 9abdimen » Sel Des 06, 2016 4:16 pm

Kalau saya sih waktu itu memang sempet ganti warna cat kamar gara-gara keterangan, tadinya warna kamar di apartemen saya warnanya putih, sekarang udah di ganti jadi warna biru dengan beberapa tambahan wallpaper pilihan saya sendiri hehe

Newbie
Avatar pengguna
Post: 14
Bergabung: Jum Apr 04, 2014 3:39 pm

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh umilestari » Sel Des 06, 2016 5:04 pm

Tinggal pasang tirai yang bahan kayu jadi lebih adem deh, cahaya tidak terlalu banyak yang masuk ke dalam ruangan.

Estaters
Avatar pengguna
Post: 23
Bergabung: Kam Feb 20, 2014 4:25 pm

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh nurul » Kam Des 08, 2016 11:17 am

Bagaimana kalau rumah yang hadap barat? Sudah pasti kalau menjelang sore panasnya bukan main.

Estaters
Avatar pengguna
Post: 26
Bergabung: Sen Mei 02, 2016 2:32 pm
Lokasi: Forum Properti

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh forumproperti » Sel Des 13, 2016 1:31 pm

nurul menulis:Bagaimana kalau rumah yang hadap barat? Sudah pasti kalau menjelang sore panasnya bukan main.


Anda dapat menanam tanaman rambat di depan rumah atau menggunakan kerai berbahan kayu maupun bambu pada teras rumah untuk meredam panas pada sore hari.
Jual Beli Properti Lensaproperti.com

Newbie
Post: 5
Bergabung: Sel Feb 28, 2017 10:00 am
Lokasi: Jakarta, Indonesia

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh miftah09 » Sen Apr 03, 2017 1:30 pm

Nah, kalau ruangan seperti kamar yang ada di lantai 2 gimana? Soalnya saya pernah ngalamin sendiri Kalau seringkali masalah pencahayaan pada ruang lantai dua dirumah saya yang kurang.. Saya udah coba gunakan atap transparan agar cahaya bisa masuk, tapi malah terlalu terang.. Ada solusi?

Newbie
Post: 2
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 1:43 pm

Re: 5 Trik Menyiasati Ruangan yang Terlalu Terang

Postoleh interiorhouse » Jum Mei 05, 2017 1:47 pm

Gan kalau mau menyiasati ruangan yang terlalu terang harus sesuaikan dengan desaininterior nya. Kalau agan kesulitan, boleh pake jasa desain interior jadi gak kerepotan...cek http://www.avantgardeinterior.com

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu