Cara Mengecat Dinding Rumah Dengan Benar

Agen Properti
Post: 115
Bergabung: Sel Agt 02, 2016 10:31 am

Cara Mengecat Dinding Rumah Dengan Benar

Postoleh SimplyLand » Rab Okt 05, 2016 9:31 am

Gambar
Cara Mengecat Dinding Rumah Dengan Benar – Mengecat dinding rumah memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Dalam mengecat perlu ketelitian dan kemampuan yang memadai, agar memperoleh hasil yang baik. Di lain sisi, ada beberapa orang yang sibuk serta budget yang kurang.

Untuk yang memiliki budget kurang, mau tidak mau ya harus mengecat sendiri. Dalam mengecat, anda harus memperhatikan beberapa hal sehingga menghasilkan kualitas pengecatan yang baik. Pada kesempatan kali ini Simplyland Property akan berbagi Cara Mengecat Dinding Rumah Dengan Benar.

Sehingga anda dapat mengecat rumah sendiri, tanpa harus menggunakan jasa tukang. Jika anda melakukannya sendiri pasti akan menghasilkan kualitas yang baik dibanding dengan menggunakan jasa pengecat. Sebab jasa pengecat pasti akan terburu-buru dalam mengerjakannnya. Selain di kejar deadline, mereka juga harus mengerjakan pekerjaan lain dan lain sebagainya.

Berikut Caranya :

Bersihkan Dinding
Sebelum anda melakukan pengecatan, pastikan anda membersikan dinding yang di cat. Sebab bila terdapat kotoran pada dinding akan mengakibatkan cat dinding tidak tahan lama serta mudah terkena jamur.

Selain hal tersebut, debu, kotoran dan noda minya juga akan membuat hasil cat menjadi tidak merata dan halus. Anda cukup membersihkannya dengan air dan sabun lalu gosok-gosok dinding tersebut. Setelah itu bilas kembali dinding dengan air bersih hingga hilang bekas dari sabun tadi.

Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban
Untuk menghindari bagian yang tidak ingin di cat terkena percikan cat maka anda harus menutupi bagian yang tidak ingin di cat tersebut dengan lakban atau pita pelekat. Bagian yang harus di tutupi yaitu pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai, dan lain sebagainya.

Setelah pengecatan selesai, pastikan anda langsung mencabut atau melepas lakban yang tadi di pasang sebagai pembatas. Bila anda melepasnya saat cat sudah kering tentu dapat meruk cat tadi, seperti akan terkelupas dan lain sebagainya.

Tutup Retakan pada Dinding
Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, kemudian ratakan hingga halus menggunakan amplas. Kemudian Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang di aplikasikan sebelum pengecatan agar di dapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit
Gunakanlah kuas kecil untuk menjangkau bagian yang sempit, bila anda menggunakan kuas yang besar tentu akan membuat bagian sebelahnya akan terkena juga. Serta membuat cat menjadi berantakan.

Bagian yang perlu menggunakan kuas kecil ialah bagian sudut ruangan dan sudut sulit lainnya.

Gunakan Teknik Gerakan Zig-Zag
Trik mengecat dengan rata ialah dengan menggunakan teknik zig-zag mulai dari atas kebawah dan dilakukan berulang kali, hingga dinding tertutup dengan rata. Setelah cat mengering, cat kembali dinding agar lebih merata. Anda dapat menggunakan roler untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih rata.

Ulangi Lagi Jika Perlu
Bila hasil pengecatan kurang bagus, sebaiknya anda mengulangi lagi proses pengecatan. Dan pastika pengecatan yang kedua kalinya berhasil dengan baik.

Referensi : Rumah Dijual Jogja | Rumah Dijual Di Jogja

Baca > Cara Mengecat Tembok Rumah Yang Berjamur

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu