Tips Sebelum Membeli Apartemen Yang Wajib Anda Ketahui

Agen Properti
Post: 115
Bergabung: Sel Agt 02, 2016 10:31 am

Tips Sebelum Membeli Apartemen Yang Wajib Anda Ketahui

Postoleh SimplyLand » Rab Sep 28, 2016 12:50 pm

Membangun rumah di kota-kota besar memang tidaklah mudah, selain harga yang begitu mahal. Keterbatasan akan lahan memang menjadi masalah bila anda ingin mempunyai rumah di kota. Solusi dari hal tersebut ialah dengan membeli rumah susun atau apartemen.

Saat ini banyak apartemen-apartemen yang ada dikota kota besar. Selain tidak rumit dalam mengurusnya, Apartemen juga dapat anda jadikan sebagai investasi. Lalu apa yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen ?.

berikut tipsnya :

Mencari Track Record Perusahaan Pembangun/Pengembang
Dengan mengetahui track record dari pengembang apartemen, ini dapat membantu anda dikemudian hari. Bila anda memeperoleh masalah dengan apartemen tersebut, anda dapat meminta pertanggung jawaban kepada pengembang.

Untuk mengetahui track record pengembang, anda dapat menghubungi Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Atau anda dapat memperoleh informasi dari tetangga atau sahabat yang telah menggunakan produk dari pengembang tersebut.

Agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka harus mengetahui seluk beluk pengembang atau pembangun apartemen tersebut secara detail. Karena tidak sedikit pula pengembang yang nakal dan melanggar hukum.

Memastikan Legalitas Bangunan
Periksalah surat Hak Guna Bangunan (HGB), surat Izin Prinsip, Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) serta Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT) sebelum Anda membeli apartemen. Anda juga perlu memeriksa keaslian surat surat tersebut.

Lokasi
Pemilihan lokasi sangatlah penting bagi kenyamanan Anda. Anda perlu mengetahui apakah kawasan apartemen tersebut rawan banjir dan lain sebagainya. Dalam memilih lokasi sebaiknya anda menghindari rumah susun yang dekat dengan pusat perbelanjaan, taman hiburan dan lain sebagainya. Sebab akan menimbulkan ramai kendaraan dan mengakibatkan kebisingan.

Status Lahan
Mengetahui status lahan apartemen yang akan anda beli sangatlah diperlukan. Apartemen yang tepat dijadikan untuk berinvestasi adalah sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT).

BOT sendiri merupakan upaya pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain atau swasta selama jangka waktu tertentu. kelemahan dari status BOT ini adalah pada saat habis masa penggunaan oleh pihak swasta, tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Fasilitas
Anda harus mengetahui fasilitas yang ada di lingkungan apartemen. Dengan adanya fasilitas penunjang kehidupan anda terpenuhi dengan baik, nantinya akan memudahkan anda. Seperti Swalayan, foodcourt, area parkir, Kolam renang, tman bermain dan lain sebagainya.

Referensi : Rumah Dijual Di Jogja

Kembali ke TIPS



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu