Berbagai macam Desain Carport untuk Rumah Anda

Peraturan Forum
Estaters
Avatar pengguna
Post: 23
Bergabung: Kam Feb 20, 2014 4:25 pm

Berbagai macam Desain Carport untuk Rumah Anda

Postoleh nurul » Jum Sep 12, 2014 2:42 pm

Penjelasan Carport

Emper mobil atau dalam bhasa Inggris Carport adalah tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi. Emper mobil biasanya dilengkapi atap dengan tujuan untuk melindungi kendaraan dari air hujan, embun malam dan terik cahaya matahari dan lantai yang diperkeras. Alasan lainnya adalah keterbatasan lahan tidak memungkinkan disediakannya ruang untuk garasi karena garasi umumnya merupakan bagian dari bangunan rumah sehingga membutuhkan lahan yang cukup dan perencanaan khusus.


Faktor yang perlu diperhatikan dalam disain emper mobil
Ada beberapa faktor dalam merencanakan emper mobil antara lain :


> Luas lahan, harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya 1 meter dari ukuran kendaraan yang akan diparkir.

> Letak carport harus memperhatikan sirkulasi kendaraan ketika keluar-masuk carport maupun arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan halaman.

> Bentuk dan struktur atap carport sangat beragam. Selain bergantung pada selera pemilik rumah, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah bahwa tampilan desain atap carport berpengaruh secara langsung terhadap tampilan wajah bangunan secara keseluruhan.

> Letak talang air untuk pembuangan air hujan harus direncanakan sedemikian sehingga bisa mengalirkan curahan air hujan dengan baik.

> Pemilihan material harus memperhatikan faktor kekuatan, kemudahan pemasangan, dan perawatan, pemilihan material pun harus memperhitungkan pengaruh karakteristik material terhadap tampilan desain bangunan rumah. Material memiliki banyak piihan material, ada yang dari kayu, stainless steel, rangka baja, bahkan balok beton.

> Biaya yang dimiliki untuk pembangunan emper mobil


Beberapa Tampilan dan Contoh Carport

Spoiler for: Kombinasi
CARPORT BERKOMBINASI BATU KALI
Keterangan foto : Carport dengan kombinasi lantai batu kali dan rumput gajah. Tanaman likuan yu (Vernonia elliptica ), yang ditanam di bawah jendela, menjadi tirai hidup yang menutup sebagian pintu garasi.

Gambar



Spoiler for: Pohon
POHON DI TENGAH CARPORT
Keterangan foto : Carport di hunian ini dapat menampung dua mobil. Meski terdapat sebatang pohon yang cukup besar di tengahnya, tapi tak menghalangi sang desainer berkarya. Hingga kini pohon tersebut tetap dipertahankan.
Gambar


Spoiler for: Bermain
CARPORT DAN AREA BERMAIN ANAK
Keterangan foto : Carport ditutup atap polikarbonat dengan lantai keramik abu-abu. Area ini menjadi tempat anak-anak bermain, bukan cuma untuk menaruh kendaraan. Foto: Dok Idea/Tri

Gambar


Spoiler for: Grid
POLA GRID YANG CANTIK
Keterangan foto : Atap carport dari rangka kayu dengan pola grid atau kisi-kisi tampil cantik dan menawan. Pemasangan kisi-kisi terlihat rapi. Atap carport ini memberi keindahan pada eksterior rumah. Foto: Dok Idea
Gambar


Spoiler for: Kontemporer
CARPORT KONTEMPORER
Keterangan foto : Carport untuk dua mobil ini berdesain terbuka dengan kedua sisinya terhubung dengan taman. Desain dibuat sesimpel mungkin untuk menonjolkan bentuk fasad bangunan dan tanamannya. Tanaman menjadi unsur yang cukup dominan. Thunbergia menjalar di atap pergola teras, sedangkan medinilla menjalar di atas atapcarport. Suasana hijau di carport ini ditunjang keberadaan taman kecil di sampingnya yang langsung terhubung dengan area terbuka. Struktur carport memakai besi, atapnya menggunakan laminated glass dengan ukuran 2 x 5mm. Sedangkan wiremesh tempat rembetan tanaman dipasang 25cm di atas atap carport.

Gambar


Spoiler for: Besi
CARPORT DENGAN TUTUP PELAT BESI
Keterangan foto : Carport rumah ini langsung berhadapan dengan kamar tidur sehingga sang pemilik menutup bagian depan dan seluruh sisi bangunan dengan tirai, pagar pun bisa ditutup dengan menganggat pelat besi di bawah melalu tuas katrol baja sling
Gambar


Spoiler for: Candi
KONSEP CANDI DI GERBANG UTAMA
Keterangan foto : Gerbang utama rumah Leysus lain daripada yang lain, dengan konsep candi dan pilar penyangga bata ekspos. Kesan tradisional Jawa sudah tercermin dari tampak muka rumah (kiri) Keunikan pintu utama adalah pintu samping depan mobil ini dari pagar kayu berujung tombak.

Gambar


Spoiler for: Simple
CARPORT RESAPAN YANG SIMPEL
Keterangan foto : ENTRANCE dirancang sederhana. Area pijakannya berupa olahan semen cetak segiempat bertabur kerikil yang dipasang teratur. Di antara cetakan semen ditanami rumput gajah mini, sehingga area resapan pun tetap hadir di sini.
Gambar


Spoiler for: Luas
CARPORT LUAS
Keterangan foto : Halaman depan berukuran 11,5mx12,5m ditutupi lantai beton. Area ini juga difungsikan sebagai tempat memarkir kendaraan pribadi. Dengan ukuran seluas ini carport dapat menampung enam hingga tujuh mobil.

Gambar


Spoiler for: Kotak
KOTAK MENGIKUTI BENTUK RUMAH
Keterangan foto : Desain persegi mengikuti bentuk rumah yang serba kotak.Foto: iDEA/Dean Martin Saerang
Gambar


Spoiler for: Transparan
BERATAP POLIKARBONAT TRANSPARAN
Keterangan foto : Rancangan atap carport dibuat sederhana. Rangka terbuat dari kayu, dan atapnya dibuat transparan. Polikarbonat bening dipergunakan karena ringan dan dapat meneruskan cahaya ke area carport
Gambar


Spoiler for: Motif
LANTAI CARPORT BERMOTIF
Keterangan foto : Lantai carport bermotif membuat ruang luar ini lebih menarik. Motif dapat dibuat dengan berbagai cara. Bisa menggunakan lantai keramik bermotif, atau menggunakan batu koral sikat yang ditata khusus.
Gambar


Spoiler for: WARNING
AWAS, CARPORT AMBLAS!
Keterangan foto : Pastikan bahwa lantai beton carport Anda sesuai spesifikasi material dan standar pembangunan. Jangan tertipu dengan tampilan lantai carport yang cantik, padahal gampang amblas.
Gambar


Spoiler for: dari
:thanks: deaonline.co.id & http://id.wikipedia.org/

Estaters
Post: 21
Bergabung: Sel Jun 28, 2016 2:53 am
Lokasi: DKI Jakarta, Indonesia

Re: Berbagai macam Desain Carport untuk Rumah Anda

Postoleh kabang » Kam Jan 26, 2017 5:16 pm

Yang grid sama candi kayaknya bagus nih, tapi kayaknya pengeluarannya cukup banyak buat pembuatannya ya?

Kembali ke INTERIOR



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu