Konsultasi Dana Mutu Bangunan Untuk Rumah Subsidi, Perlukah?

Peraturan Forum
Estaters
Avatar pengguna
Post: 22
Bergabung: Kam Agt 07, 2014 9:11 pm

Konsultasi Dana Mutu Bangunan Untuk Rumah Subsidi, Perlukah?

Postoleh intansani » Sen Agt 22, 2016 4:44 pm

Selamat sore,

Saya ingin berkonsultasi tentang pembelian rumah. Saya sudah membeli rumah di kota Bogor sekitar 10km dari pasar parung. Rumah tsb. menurut pengembang adalah rumah subsidi mengingat harganya juga hanya 130 jutaan. Saya sudah membayar uang muka. akan tetapi beberapa bulan kemudian saya dimintai uang untuk keperluan mutu bangunan yang jumlahnya sekitar 30 juta. Agak lumayan memberatkan untuk saya sebenarnya karena uang itu harus dibayar cash, walaupun saya sudah meminta agar dapat dicicil paling tidak selama 6 kali. Pertanyaan saya apakah harus meningkatkan mutu bangunan sementara rumah tsb tergolong kategori rumah subsidi?

Dan dengan ukuran rumah 30m2 apakah tidak terlalu mahal kalau 30 juta hanya untuk dana mutu bangunan?

Saya harap teman-teman disini ada yang bisa share pengetahuannya perihal masalah saya diatas.
Terima kasih

Pengasuh Konsultasi Properti
Avatar pengguna
Post: 18
Bergabung: Sel Mar 04, 2014 9:34 am

Re: Konsultasi Dana Mutu Bangunan Untuk Rumah Subsidi, Perlu

Postoleh jokoyuw » Sel Agt 23, 2016 1:59 pm

Selamat siang Pak,

Sepengetahuan saya, pembelian rumah baik subsidi maupun tidak subsidi berdasarkan harga awal yang disepakati saat kita akan melakukan pembayaran tanda jadi atau booking fee. Kalau pun ada biaya peningkatan mutu, lazimnya sudah dicantumkan sejak awal di dalam price list jumlahnya sekian.

Pada saat kita sudah membayar booking fee, berarti harga sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Tidak bisa berubah secara sepihak oleh developer. Seharusnya ketika Anda sudah bayar uang muka, Anda meminta surat Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB), di situ akan tercantum data rumah yang Anda beli, harga, kapan rumah diserahkan, serta hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen.

Kalau sekarang Anda diminta Rp30 juta, minta dituangkan secara tertulis peningkatan mutunya seperti apa? Minta bahan-bahan bangunan yang dipakai plus mereknya. smoga bermanfaat.

Kembali ke Konsultasi Properti



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu