Cara Mudah Beli Rumah

Peraturan Forum
Pengasuh Konsultasi Properti
Avatar pengguna
Post: 18
Bergabung: Sel Mar 04, 2014 9:34 am

Cara Mudah Beli Rumah

Postoleh jokoyuw » Rab Agt 03, 2016 12:50 pm

Cara Mudah Beli Rumah


Jangan menunggu punya uang banyak dulu jika berencana membeli rumah. Uang terkumpul, harga rumah sudah terlanjur setinggi gunung. Yang penting Anda punya penghasilan tetap, itu sudah cukup sebagai jaminan beli rumah. Caranya? Pertama, datang ke bagian customer service salah satu kantor bank penyalur KPR berkonsultasi. Utarakan gaji Anda per bulan yang tercatat di rekening tabungan, gabungkankan gaji istri Anda (jika juga menjadi karyawan). Tanyakan kira-kira akan mendapatkan plafon kredit beraba banyak? Misalnya, gaji Anda bersama istri Rp8 juta per bulan. Karena Anda belum punya anak, maka dapat plafon kredit maksimal sebesar Rp250 juta. Berdasarkan data tersebut carilah rumah yang harganya Rp275 juta, dan bisa dibeli dengan uang muka 5 persen, atau Rp13,75 juta. Uang muka tersebut Anda nego supaya dapat dicicil 6 kali, atau sekitar Rp2,3 juta per bulan. Cicilan KPR Anda untuk jangka 25 tahun pun di kisaran itu. Jadi tidak perlu mengumpulkan uang muka dulu, bukan?

Pertanyaan berikutnya, adakah rumah yang harganya Rp275 juta di sekitar Jakarta? Jawabannya, banyak. Hanya lokasinya di sisi luar wilayah Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Maka itu supaya biaya transportasi tidak membengkak, dan memperpendek waktu tempuh pergi dan pulang kerja, pilihlah rumah yang selaras dengan lokasi kantor Anda. Misalnya, di kantor Anda di Jakarta Timur, pilihlah rumah yang dapat diakses dengan commueter line di Bekasi. Berkantor di Jakarta Pusat dan Selatan, pilihlah rumah yang lokasinya dekat stasiun commuter line Jakarta Kota -Bogor dan Tanahabang-Maja.

Rumah seharga itu adalah tipe 23/60, 30/60, atau 36/72, tergantung lokasi perumahan, kualitas pengembangan, model, dan spesifikasi bangunan yang ditawarkan. Selamat mencari rumah. Jokoyuw

Newbie
Avatar pengguna
Post: 14
Bergabung: Sel Agt 26, 2014 2:21 pm

Re: Cara Mudah Beli Rumah

Postoleh rendryts » Jum Agt 05, 2016 2:43 pm

woww 25 tahun lumayan lama juga ya. Apa kalau jangka waktu cicilannya dibuat lebih singkat, 15 tahun misalnya, akan berpengaruh terhadap besaran uang dpnya pak?

Pengasuh Konsultasi Properti
Avatar pengguna
Post: 18
Bergabung: Sel Mar 04, 2014 9:34 am

Re: Cara Mudah Beli Rumah

Postoleh jokoyuw » Sen Agt 08, 2016 9:41 am

Mas Rendryts, dp atau uang muka bisa tetap, hanya kalau tenor dipersingkat menjadi 15 tahun cicilannya yang berubah jadi besar. Sebagai gambaran, jika 25 tahun cicilan KPR-nya sekitar Rp2,3 juta, kalau 15 tahun naik menjadi sekitar Rp2,7 juta.

Kembali ke Konsultasi Properti



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu