Rumah Cluster dan Town House? Apa Bedanya?

bingung cara beli/jual rumah yang benar? tanya aja ke Om Moderator :D
Estaters
Post: 42
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Rumah Cluster dan Town House? Apa Bedanya?

Postoleh olympicresidence » Jum Okt 27, 2017 6:02 pm

Gambar

Siapa diantara kalian yang masih bingung dengan perbedaan rumah cluster dan town house? Ya, beberapa orang memang menganggap dua jenis perumahan ini sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho. Nah, untuk mengetahuinya, yuk kita ulas mengenai kedua jenis perumahan ini mulai dari pengertiannya.

Rumah cluster adalah rumah yang dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah serasi. Biasanya tiap rumah dilengkapi dengan tembok beton yang tinggi sebagai pemisah dengan rumah sebelahnya. Sementara town house adalah kompleks hunian di tengah kota yang dibangun secara teratur dengan jumlah terbatas.

Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis perumahan ini?

Konsep

Meskipun kedua jenis perumahan ini sama-sama menggunakan sistem satu akses (one gate) sebagai sistem keamanannya, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok lho. Rumah cluster biasanya dikelilingi oleh pagar pembatas yang tinggi sehingga perumahan ini terkesan tertutup dari lingkungan sekitarnya. Tapi, banyak juga yang menganggap bahwa hal ini adalah cara yang efektif untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Sementara itu, awal mula dibangunnya town house adalah untuk memenuhi kebutuhan ekspatriat akan perumahan eksklusif dan bergengsi sehingga harganya pun lebih tinggi dibanding jenis perumahan lainnya. Bentuk dan ukuran rumah-rumahnya nyaris sama karena merujuk pada sederet rumah di kawasan Amerika yang berdesain sama dan saling menempel.

Jumlah Unit

Perbedaan kedua terletak pada jumlah unit. Biasanya, town house hanya dibangun dalam jumlah terbatas yaitu sekitar 10 hingga 30 unit dalam satu perumahan. Berbeda dengan rumah cluster yang menggarap lahan yang luas dan bisa membangun 100 hingga 300 unit dalam satu kompleks perumahan. Selain itu, pada rumah cluster juga terdapat sub komplek yang memiliki desain berbeda.

Fasilitas

Sebenarnya fasilitas yang tersedia pada rumah cluster dan town house gak jauh beda. Keduanya sama-sama memiliki fasilitas umum seperti jogging track, ruang terbuka hijau serta sistem keamanan yang canggih yang bisa dinikmati oleh seluruh penghuninya. Yang berbeda adalah pada rumah cluster, masing-masing sub komplek biasanya memiliki fasilitas masing-masing.

Nah, itulah perbedaan dari rumah cluster dan town house. Kedua junis perumahan ini sama-sama menguntungkan. Hanya saja, pilihan kembali ke tanganmu. Mana yang menurutmu lebih menguntungkan?


source: http://teknobisnis.weebly.com/blog/rumah-cluster-dan-town-house-apa-bedanya https://www.hcitysawangan.com/blog/artikel/rumah-cluster-atau-town-house-ini-perbedaannya

Newbie
Post: 18
Bergabung: Sel Nov 15, 2016 3:55 pm
Lokasi: Jakarta

Re: Rumah Cluster dan Town House? Apa Bedanya?

Postoleh Yuna79 » Kam Des 14, 2017 7:14 pm

Fasilitas sih memang yang biasanya keliata beda banget wkwkwk
Tapi kalau masuk rumah cluster, kadang malah susah bedain karena bentuk arsitekturnya sama haha
una - Jasa Perencanaan Arsitektur Indonesia untuk Bangunan.

Kembali ke Rumah



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu