Urus Izin Rumah Murah? Kini Tidak Perlu ke WaliKota / Bupati

bingung cara beli/jual rumah yang benar? tanya aja ke Om Moderator :D
Estaters
Avatar pengguna
Post: 26
Bergabung: Sen Mei 02, 2016 2:32 pm
Lokasi: Forum Properti

Urus Izin Rumah Murah? Kini Tidak Perlu ke WaliKota / Bupati

Postoleh forumproperti » Sel Jan 17, 2017 2:01 pm

Urus Izin Rumah Murah? Kini Tidak Perlu ke WaliKota / Bupati


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bahasan mengenai rumah murah ‘kan? Nah, ada aturan baru sejak Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Apakah itu?

Gambar

Hanya Melalui PTSP

Dalam aturan yang telah disahkan oleh sang presiden, dijelaskan bahwa semua perizinan akan dilakukan terpusat melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sudah tahu apa itu PTSP? Dalam PP yang sudah disahkan, tercantum bahwa:

“Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yang selanjutnya disingkat PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan melalui satu pintu”.

Bukan hanya itu, poin pentingnya adalah perizinan rumah murah tidak perlu melalui Wali kota atau Bupati, melainkan langsung melalui PTSP. Tentunya ini akan membuat perizinan menjadi semakin praktis ‘kan?

Lebih jelasnya, pada pasal 8 dalam aturan yang sama pun tercatum mengenai aturan tersebut, yaitu:

“Dalam rangka pelaksanaan PTSP, bupati/wali kota wajib mendelegasikan wewenang pemberian perizinan dan nonperizinan terkait dengan pembangunan Perumahan MBR kepada PTSP kabupaten/kota”.

Harus Ada dalam Proposal

Dalam PP yang sama, disebutkan bahwa Badan Hukum pelaksana memang harus menyusun proposal yang ditujukan kepada wali kota atau bupati. Meskipun demikian, nantinya proposal ini hanya perlu diberikan kepada PTSP.

Terdapat empat hal yang harus ada di dalamnya. Perlu tercantum perencanaan dan perancangan rumah MBR, prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan MBR, perolehan tanah, dan pemenuhan perizinan.

Proposal ini tentunya harus dilengkapi dengan lampiran yang mendukung, yaitu sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah dalam bentuk lainnya. Selanjutnya, lampirkan juga bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan.

Bagaimana jika sudah mengajukan proses pembangunan sebelum Peraturan Pemerintah ini disahkan? Tidak menjadi masalah sama sekali. Prosesnya bisa tetap dilanjutkan dan diselesaikan berdasarkan aturan yang baru saja disahkan ini.

Berbeda dengan dokumen perizinan yang telah ada, dokumen ini masih akan tetap berlaku dan dapat digunakan untuk ke tahapan selanjutnya. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Peraturan Pemerintah ini sudah berlaku sejak 29 Desember 2016.


Cari rumah subsidi? yuk cek disini
Jual Beli Properti Lensaproperti.com

Estaters
Post: 38
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Re: Urus Izin Rumah Murah? Kini Tidak Perlu ke WaliKota / Bu

Postoleh olympicresidence » Kam Nov 02, 2017 9:56 pm

asik nih. bisa juga kita pake trik buat beli rumah dengan gaji pas-pasan

http://bit.ly/2z80U4w

Kembali ke Rumah



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu