Mana yang Harus Dibeli Lebih Dulu, Rumah atau Mobil?

The Lounge
Newbie
Post: 8
Bergabung: Sen Feb 19, 2018 6:08 pm

Mana yang Harus Dibeli Lebih Dulu, Rumah atau Mobil?

Postoleh aurorapermata » Kam Mei 31, 2018 10:46 am

mobil-atau-rumah-3.jpg
mobil-atau-rumah-3.jpg (48.31 KiB) Dilihat 387 kali
Punya rumah sekaligus mobil, siapa sih yang nggak mau? Sayangnya, nggak semua orang memiliki kesempatan untuk memiliki kedua produk penuh nilai prestige ini. Kondisi perekonomian yang sulit memaksa beberapa orang untuk memilih salah satunya saja.

Kalau kamu bagaimana? Misalnya kamu memiliki uang untuk membeli salah satu produk tersebut. Manakah yang akan kamu beli lebih dulu, rumah atau mobil?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari faktor kebutuhan, kondisi keuangan serta tujuan pembelian. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Beli Rumah Dulu

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah adalah seberapa besar kebutuhanmu akan hunian dan apa tujuanmu membelinya.

Bagi pasangan yang baru menikah, membeli rumah baru tentu nggak ada salahnya karena hal ini merupakan suatu kebutuhan. Tapi, jika kamu dan pasangan belum memiliki cukup dana untuk membeli rumah, tinggal di rumah mertua atau rumah orang tua untuk sementara waktu juga bukan ide yang buruk.

Jika kamu tetap bersikeras untuk membeli rumah, pastikan bahwa kondisi keuanganmu bagus dan stabil, mengingat harga rumah biasanya jauh lebih mahal dibanding mobil sehingga membutuhkan dana yang lebih besar. Pun begitu dengan besar cicilan yang harus dbayarkan.

Hitung dengan cermat kemampuan dalam membayar cicilan rumah. Pastikan jumlahnya nggak melebihi 30% dari total gaji per bulan agar budget pemenuhan kebutuhan pokok lainnya nggak terganggu.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan uang muka (DP atau Down Payment), biaya notaris, biaya asuransi, administrasi bank dan biaya lainnya. Jumlah biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 40-50% dari harga rumah.

Beli Mobil Dulu

Sama halnya dengan membeli rumah, kamu juga harus memperhatikan aspek kebutuhan dan tujuan sebelum membeli sebuah mobil. Apakah mobil akan digunakan sebagai transportasi harian untuk berangkat kerja atau untuk mencari penghasilan tambahan?

Jika kamu berniat untuk membei mobil dengan alasan pertama, coba lakukan peninjauan ulang. Apakah ada alternatif lainnya, seperti fasilitas mobil jemputan dari kantor ataupun angkutan umum? Jika ada, mungkin urusan membeli mobil bisa dikesampingkan dulu.

Namun jika kamu membeli mobil untuk mencari penghasilan tambahan, kamu harus menghitung potensi keuntungan yang akan kamu dapat nantinya. Pastikan bahwa keuntungan tersebut dapat menutup biaya cicilan, perawatan mobil serta bahan bakar.

Jika mobil memang digunakan untuk penghasilan tambahan dan memberikan potensi keuntungan menarik maka nggak ada salahnya untuk membeli mobil terlebih dahulu.

Cek juga kondisi keuangan dan harga mobil, apakah dana yang dimiliki sudah cukup untuk membayar uang muka dan cicilan mobil. Persiapkan juga biaya perbaikan mobil, jika sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan atau mengalami kecelakaan. Hal yang disayangkan adalah nilai investasi mobil adalah harganya cenderung menurun. Biasanya, penyusutannya mulai dari 5-10% per tahun.

Jadi, mana yang lebih menguntungkan?

Membeli rumah akan lebih menguntungkan karena dapat dijadikan aset investasi jangka panjang. Harga rumah akan selalu naik setiap tahun, tak seperti harga mobil yang justru mengalami penurunan. Selain itu, rumah juga dapat diwariskan, sedangkan mobil tidak. Kekurangannyya adalah proses penjualan rumah membutuhkan waktu lebih lama daripada menjual mobil.

Membeli mobil atau rumah memang memerlukan pertimbangan yang matang. Keputusan tentu kembali lagi pada kebutuhan dan keputusan masing-masing orang.

Sumber

Estaters
Post: 34
Bergabung: Sel Jun 28, 2016 2:53 am
Lokasi: DKI Jakarta, Indonesia

Re: Mana yang Harus Dibeli Lebih Dulu, Rumah atau Mobil?

Postoleh kabang » Kam Mei 31, 2018 4:29 pm

rumahlah yang pasti, rumah bisa buat hunian tetap, mobil bisa menyusul, lah kalo beli mobil tapi gk ada rumah mau apa? tinggal di mobil ya mana enak, beli mobil seharga 150jt bisa buat beli 1 rumah umum 3 kamar gitu udah lengkap juga interiornya, tinggal ngelenkapin perabotannya

Newbie
Avatar pengguna
Post: 17
Bergabung: Sel Okt 31, 2017 4:39 am
Lokasi: Jakarta Barat

Re: Mana yang Harus Dibeli Lebih Dulu, Rumah atau Mobil?

Postoleh alatperkakas » Rab Okt 03, 2018 2:06 pm

Rumah dong. Apalagi sekarang dipermudah dengan adanya rumah KPR, ngebantu banget para millenials yang belum punya dana lebih untuk membeli rumah komersil yang DPnya saja sudah lumayan besar. Tapi yaa memang namanya juga rumah KPR rumah BTN yang masih seadanya, harus di rombak kalau ingi terlihat lebih bagus. Awal pasti beli alat pertukangan terlebih dahulu. Sedikit-sedikit bangunnya.
Gunakan Perkakas Alat Bangunan yang Tepat, Seperti Bor Tangan, Bor Listrik, Gergaji, Hand Tool, Dan Safety Equipment Untuk Menghindari Cedera.

Kembali ke Lounge



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu