Jual Beli Apartemen, Apa Saja Syarat yang harus Dipenuhi?

The Lounge
Estaters
Post: 48
Bergabung: Jum Mei 05, 2017 7:26 pm

Jual Beli Apartemen, Apa Saja Syarat yang harus Dipenuhi?

Postoleh olympicresidence » Kam Mei 24, 2018 4:36 pm

syarat-jual-beli-apartemen.jpg
syarat-jual-beli-apartemen.jpg (28.87 KiB) Dilihat 448 kali
Proses jual beli apartemen sebenarnya nggak jauh beda dengan rumah tapak. Ya, karena keduanya sama-sama produk properti, jadi persyaratannya pun akan sedikit mirip.

Persyaratan-persyaratan yang ditentukan ini bertujuan untuk melindungi hak penjual maupun pembeli (mengingat apartemen/properti termasuk produk yang rawan disalah gunakan).

Lalu, apa saja sih syarat yang harus diperhatikan saat melakukan jual beli apartemen? Berikut adalah ulasannya.

1. Uang Muka dan Booking Fee

Hal pertama yang harus disiapkan saat akan membeli apartemen adalah menyiapkan biaya pemesenan (Booking Fee) dan uang muka (DP). Nilainya tergantung pada besar kecilnya unit yang dipilih.

Nah, setelah melakukan pemesanan unit, penjual akan memberikan Nomor Urut Beli (NUB) yang berisi dokumen pemesanan unit kepada pembeli.

Pada saat pembayaran uang muka, penjual akan meminta beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan dokumen Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Dokumen tersebut meliputi KTP suami istri, Kartu Keluarga, bukti pelunasan BPHTB, serta kwitansi pelunasan pemesanan yang diberi bukti meterai.

2. Perjanjian Jual Beli antara Pembeli dan Penjual (PPJB)

PPJB berfungsi sebagai bukti pembelian apartemen yang sah. Hal yang harus diperhatikan adalah kedua pihak harus bertandatangan di atas materai serta adanya pengesahan oleh notaris. Hal ini dimaksudkan agar perjanjian jual beli memiliki kekuatan hukum yang kuat terutama dalam proses pembuatan Akta Jual Beli (AJB) resmi.

3. Kelengkapan Dokumen

Selanjutnya, kamu harus memastikan bahwa apartemen yang akan dibeli memiliki dokumen lengkap dan terbebas dari masalah hukum. Kelengkapan dokumen ini mencakup dokumen administrasi izin prinsip, izin mendirikan bangunan, dokumen izin lokasi, izin kelayakan unit apartemen dan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Dokumen administrasi merupakan bukti bahwa apartemen dibangun di atas tanah sendiri dan nggak akan memicu sengketa di masa depan. Sedangkan Sertifikat Hak Milik (SHM) merupakan bukti bahwa masing-masing unit apartemen sudah terbagi secara sah. Dokumen yang termasuk dalam SHM adalah salinan buku tanah, surat ukur tanah serta denah setiap unit apartemen.

4. Akta Jual Beli (AJB)

Setelah PPJB disepakati, pihak notaris yang menjadi saksi pembuatan PPJB akan mengurus pembuatan Akta jual Beli (AJB) disertai dengan proses balik nama sertifikat hak milik. AJB akan menjadi bukti autentik pengalihan hak tanah dan bangunan apartemen dari penjual ke pembeli.

Itulah 4 syarat dalam melakukan jual beli apartemen. Kalau kamu baru pertama kali membeli apartemen, meminta bantuan seorang notaris untuk mendampingi mengurus transaksi jual beli. Semoga informasi di atas bisa membantu ya.


Baca artikel menarik lainnya di sini.

Newbie
Post: 16
Bergabung: Rab Apr 18, 2018 10:12 am
Lokasi: Jakarta Barat

Re: Jual Beli Apartemen, Apa Saja Syarat yang harus Dipenuhi

Postoleh ofgo123 » Rab Mei 30, 2018 4:45 pm

Mau tanya kalau untuk apartemen yang full furnished apakah sama ketentuannya?
Soalnya saya ada apartemen lengkap sama furniture dasar seperti meja kursi sampai brankas besi dan rencana mau sekalian saya jual juga semuanya.

Newbie
Post: 17
Bergabung: Sel Jul 19, 2016 11:47 am
Lokasi: Indonesia

Re: Jual Beli Apartemen, Apa Saja Syarat yang harus Dipenuhi

Postoleh iqbal12 » Kam Sep 13, 2018 9:37 am

syarat jual beli apartemen ini apakah sama saja dengan syarat jual beli ruang kantor? Llau kalau untuk keperluan sewa kantor apakah sama juga syaratnya? Soalnya saya sedang cari ruang kantor sewa untuk perkantoran nih di daerah strategis di bilangan jakarta selatan.

Kembali ke Lounge



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu