Perlukah Kita Mengasuransikan Apartemen?

The Lounge
Newbie
Post: 8
Bergabung: Sen Feb 19, 2018 6:08 pm

Perlukah Kita Mengasuransikan Apartemen?

Postoleh aurorapermata » Sel Mei 01, 2018 5:20 pm

asuransi-properti.jpg
asuransi-properti.jpg (44.21 KiB) Dilihat 322 kali
Mengasuransikan rumah adalah hal yang umum dilakukan. Namun, apa jadinya jika kita tinggal di apartemen? Perlukah kita mengasuransikannya juga? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Asuransi properti adalah jenis perlindungan yang bertujuan mengantisipasi kerugian finansial dan meminimalisir risiko yang timbul akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti seperti bencana alam, kebakaran, pencurian dan lainnya.

Asuransi properti terbagi 2 yaitu PAR (Property All Risk) dan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). Asuransi PAR menjamin seluruh risiko yang terjadi, baik pada properti maupun harta benda di dalamnya sesuai dengan pertanggungkawaban yang sudah telah ditentukan.

Sedangkan PSAKI merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk asuransi kebakaran. Asuransi ini hanya menjamin properti, tidak dengan harta benda di dalamnya.

Manfaat dari mengasuransikan properti adalah adanya perlindungan terhadap sejumlah risiko yang mengancam properti, seperti kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, banjir, gempa bumi, angin, ledakan, huru hara hingga pencurian. Selain properti terkait, perusahaan asuransi juga akan menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam hunian.

Asuransi Properti untuk Apartemen

Sebenarnya, asuransi apartemen sudah langsung didapat pada waktu pembelian. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 70 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian, dikatakan bahwa setiap apartemen sudah dilengkapi asuransi dari badan pengelola.

Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah No. 4/1988 Pasal 61 ayat (2) mengatakan bahwa setiap penghuni berkewajiban untuk:

1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Namun, asuransi ini tidak memberikan keuntungan lebih kepada pemiliknya karena jaminan hanya diperuntukan kepada properti yang bersangkutan sehingga tidak ada jaminan atau ganti rugi terhadap harta benda di dalamnya.

Lain halnya jika Anda membeli polis asuransi properti. Jika terjadi hal-hal tak terduga seperti kebakaran atau pencurian di apartemen, maka barang-barang yang hilang akan digantikan. Namun, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh tergantung pada polis yang dibeli.

Mengasuransikan hunian tentu akan membuat kita merasa lebih aman dan mengurangi rasa khawatir atas musibah yang akan melanda. So, jangan lupa asuransikan apartemen Anda ya!


Sumber: BisnisProperti88

Newbie
Post: 9
Bergabung: Kam Feb 22, 2018 3:59 pm
Lokasi: Indonesia

Re: Perlukah Kita Mengasuransikan Apartemen?

Postoleh urecel » Sen Mei 28, 2018 3:47 pm

Iya bener benar tau, asuransi rumah pribadi memang ada, tapi bagaimana jika tinggal di apartment? Apakah ada asuransinya. Setalah membaca artikel diatas, saya jadi mengerti ternyata asuransi apartemen sudah langsung didapat pada waktu pembelian. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 70 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian, dikatakan bahwa setiap apartemen sudah dilengkapi asuransi dari badan pengelola. Tapi perabotan atau furniturenya sudah termasuk belum ya?

Kembali ke Lounge



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu