Dijamin Ampuh! Ini Dia 5 Tips Kumpulkan DP Apartemen dengan

The Lounge
Estaters
Post: 29
Bergabung: Kam Nov 30, 2017 4:39 pm

Dijamin Ampuh! Ini Dia 5 Tips Kumpulkan DP Apartemen dengan

Postoleh ayanafara » Min Feb 04, 2018 10:04 pm

Strategi-Kumpulkan-Uang-DP-dengan-Cepat-2.jpg
Strategi-Kumpulkan-Uang-DP-dengan-Cepat-2.jpg (52.94 KiB) Dilihat 522 kali
Tinggal di apartemen kini menjadi pilihan dari banyak orang, khususnya mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Hunian vertikal ini dianggap lebih simpel, praktis dan juga lebih murah jika dibanding dengan rumah tapak. Namun, bukan berarti apartemen bisa dibeli dengan harga yang amat terjangkau lho. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membeli apartemen adalah dengan memanfaatkan KPA alias Kredit Pemilikan Apartemen.

Namun, yang namanya kredit pasti membutuhkan uang muka atau DP (Down Payment). Untuk KPA sendiri, Bank Indonesia telah menetapkan DP sebesar 15% dari yang sebelumnya 20% - 30%. Misalnya, kamu ingin membeli apartemen seharga Rp 900 juta, maka uang DP yang harus disiapkan adalah 15% atau sekitar Rp 135 jutaan. Jumlah yang lumayan besar kan?

Karena itulah, kamu harus memiliki strategi agar uang DP cepat terkumpul dan apartemen impian cepat terbeli. Nah, daripada penasaran, yuk simak tips mengumpulkan uang DP dengan cepat di bawah ini!

Nabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah menabung. Sebisa mungkin sisihkan 10% - 20% gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk keperluan lain. Jika kamu melakukannya secara konsisten, tabunganmu pasti akan cepat terkumpul. Nah, jika kamu menginginkan uang DP lebih cepat terkumpul, kamu bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30%.

Tentukan Apartemen yang Diinginkan

Tentukan apartemen seperti apa yang ingin kamu huni. Apakah kamu ingin tinggal di apartemen di pusat kota, pinggir kota, atau di daerah penyangga? Lokasi merupakan salah satu faktor yang harus benar-benar diperhatikan karena hal ini sangat berpengaruh pada harga apartemen.

Buat Target

Pembuatan target bertujuan agar kamu tetap pada jalur yang benar, yaitu untuk menabung DP apartemen. Tentukan kapan kamu harus membeli apartemen dan kapan uang untuk DP harus terkumpul. Misalnya, tahun ini DP apartemen yang kamu inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun kamu harus mengumpulkan Rp200 juta.

Buat Autodebet

Terkadang, kita lupa untuk menyisihkan uang tabungan DP di awal bulan. Nah, daripada gajimu keburu habis untuk keperluan yang nggak terlalu penting, akan lebih baik jika kamu membuat instruksi autodebet ke rekening khusus DP ketika tanggal gajian tiba. Dengan begini, tabungan DP apartemenmu jadi lebih aman deh.

Berinvestasi

Selain menabung, kamu juga bisa lho menginvestasikan tabunganmu agar uang DP apartemen bisa terkumpul lebih cepat. Deposito dan juga emas adalah pilihan investasi yang baik. Selain nilai uangmu jadi lebih aman, kamu juga akan mendapat keuntungan dalam bentuk bunga dan selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang.

Gimana, nggak sulit kan untuk bisa mengumpulkan uang DP dengan cepat? Tips-tips yang sudah disebutkan di atas nggak hanya berlaku untuk DP apartemen saja lho. Jika kamu berencana untuk membeli hal lain yang membutuhkan DP, cara di atas juga bisa kamu lakukan. So, selamat menabung!


Sumber: Zona Finansial

Kembali ke Lounge



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu