Jangan Sampai Salah Pilih KPA! Ini Tips yang Bisa Kamu Ikuti

The Lounge
Estaters
Post: 29
Bergabung: Kam Nov 30, 2017 4:39 pm

Jangan Sampai Salah Pilih KPA! Ini Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Postoleh ayanafara » Min Des 24, 2017 12:40 pm

tips-mengajukan-kpa.jpg
tips-mengajukan-kpa.jpg (42.17 KiB) Dilihat 623 kali

KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) adalah salah satu sistem pembayaran apartemen yang tersedia di Indonesia. Sistem pembayaran ini termasuk yang paling diminati oleh masyarakat karena dianggap dapat meringankan mereka untuk bisa memiliki hunian vertikal.

Banyak ragam program KPA yang ditawarkan oleh pihak bank. Nah, program-program ini kadang membuatmu bingung, ya ‘kan? Dan kalau nggak teliti, bisa-bisa kamu salah pilih program KPA. So, gimana ya caranya supaya nggak salah pilih? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pahami Syarat dan Ketentuannya

Biasanya pihak bank akan menjelaskan keuntungan-keuntungan dari masing-masing program dan memberikan “iming-iming” kepada salah satu program yang dianggap paling menguntungkan. Tapi, kamu jangan langsung menyetujui penawaran menarik tersebut ya. Baca dulu ketentuan dan syaratnya. Jika dirasa cocok dan nggak menyusahkan, maka nggak ada salahnya kamu mengambil program KPA tersebut.

Hitung Bunga

Tahukah kamu bahwa perhitungan bunga kredit pemilikan apartemen itu beragam. Nah, sebelum memilih salah satu program, kamu bisa menanyakan pada pihak bank mengenai simulasi perhitungan cicilan dan bunga yang akan diterima. Selain itu, tanyakan juga kemungkinan denda atau biaya tambahan lain jika kamu melakukan pelunasan di awal.

Ketahui Biaya Administrasi KPA

Selain bunga, kamu juga harus memperhatikan biaya administrasi yang harus dibayarkan. Administrasi KPA biasanya meliputi biaya provisi, administrasi bank, fee notaris/PPAT, ongkos pengecekan sertifikat, asuransi, dan beberapa lainnya. Jangan sampai kamu kaget saat mengetahui bahwa biaya admin yang harus dibayar ternyata cukup besar.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Terakhir, sesuaikan dengan kemampuan. Pastikan kalau kamu memilih program KPA yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jangan sampai pembayaran cicilan hanya lancar di satu atau dua bulan awal kemudian menjadi macet di bulan-bulan berikutnya. Intinya, jangan sampai kredit apartemen ini menyusahkanmu.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih KPA. Semoga informasi di atas bisa membantumu dalam memilih program yang tepat ya. Good luck!


source: Zona Finansial

Kembali ke Lounge



Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu